Laman

Sabtu, 15 November 2008

Awas Kena Petir Gara-gara Ponsel!

Ternyata 3 orang dokter dari Northwick Park, London, melaporkan kalau seorang gadis 15 tahun tercidera oleh petir ketika sedang berbicara dengan HP. Saat itu gadis cilik ini sedang berjalan-jalan di taman ketika petir bersahut-sahutan. Demikian diliput oleh detikcom dan juga BBC. NBC juga melaporkan berita yang mirip. Kasus yang sama juga pernah terjadi di Kuala Lumpur: Sri Damansara tersambar petir ketika sedang masuk mobil dan menggunakan HP.

Analisis ketiga dokter pertama kali dimuat di British Medical Journal. Menurut Ram Dhillon, FRCS, salah satu dari ketiga dokter tersebut, HP meneyebabkan cidera lebih parah. Pada umumnya petir membut kulit terbakar, tetapi karena gadis cilik tadi memegang HP (yang mengandung logam), kerusakan menjadi masuk dan merusak organ-organ yang lebih dalam.

Dengan kata lain memegang sendok, kabel, egrang, dan payung juga sama berbahayanya seperti membawa HP. Uang recehan di saku juga berbahaya.

Tetapi menurut meterologis Dennis Feltge dari National Weather Service Inggris, kekeliruan utama yang dilakukan gadis tersebut adalah berjalan-jalan diluar saat ada petir. Cara paling aman untuk menghindari petir adalah berlindung di bawah gedung yang tertutup. Dia menambahkan kalau jumlah logam di dalam HP sangat kecil untuk dapat menarik petir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan baik,,,


Silahkan tinggalkan jejak anda di komentar postingan, untuk kunjungan balik saya. Terima kasih.... ^_^

Artikel populer