Laman

Rabu, 30 November 2011

8 Jenis palem menarik untuk taman

Salah satu jenis Family Arecaceae yang sangat banyak kita temui di sekitar kita maupun sudah ada di taman sekitar kita, ya! kita kenal sebagai tanaman palem. Karena tak lengkap rasanya membuat taman tanpa vegetasi yang satu ini. Ada beberapa informasi yang perlu kita ketahui dari 8 Jenis palem menarik untuk taman atau mungkin sebagai panduan untuk menanam palem untuk mempercantik taman yang sudah kita atau akan dibuat.

1. Chrysalidocarpus lutescens

Palem Kuning dengan nama latin Chrysalidocarpus lutescens ini adalah yang umum ditanam di taman dan juga bisa ditanam di pot. Vegetasi ini tumbuh antara 1 meter hingga 6 meter dengan batang antara 1 hingga 5 bahkan lebih. Warna helai daun hijau terang, cenderung kekuningan (sehingga disebut palem kuning). Daun ini memiliki pelepah daun yang cukup panjang dan menutupi batang yang beruas-ruas. Jumlah anak daun sekitar 80 hingga 100 lembar. Mayangnya dapat mencapai 1m dengan bunga berwarna kuning. Buah berdiameter hingga 2,5m dan berwarna kuning hingga ungu. Perbanyakannya relatif mudah karena dapat diperbanyak secara vegetatif.

2. Cocos nucifera

Vegetasi yang satu ini tidak asing dengan ‘mata’ kita. Dengan nama latin Cocos nucifera dan sering kita sebut dengan pohon Kelapa memang sangat familiar dan mudah tumbuh dimana saja. Palem ini mempunyai tinggi lebih dari 12 meter dengan daun mencapai 4-6 meter. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali kegunaan dan manfaat pohon Kelapa. Batang dapat digunakan sebagai kolom penyangga dan buahnya tentu saja sangat berguna. Pohon Kelapa lebih bagus jika ditanam di hamparan rumput yang luas, walaupun bisa diletakkan di sudut area taman yang lain. Gambar di samping terlihat bahwa pohon ini sangat mudah tumbuh walaupun di dalam pasir di pinggir pantai.

3. Roystonea regia

Palem ini sering disebut dengan Palem Raja. Lebih sering ditanam di pinggir jalan atau median jalan karena bentuknya yang tinggi menjulang apalagi ditanam secara berjajar. Saya sudah mengulas tentang Jalan Ijen Kota Malang sebelumnya, yang menampilkan foto Palem Raja yang berjajar dan menambah keasrian dari jalan tersebut. Palem ini dapat tumbuh lebih dari lebih dari 15 meter dan mempunyai batang yang besar serta dapat ditanam di daerah tropis dan subtropis. Sebagai informasi, tumbuhan ini berasal dari daerah Karibia dan Amerika dan nama Roystonea diambil dari nama seorang insinyur yang bekerja di kemiliteran AS, Roy Stone.

4. Veitchia merrilli

Bernama latin Veitchia merrilli dan di Indonesia sering disebut Palem Putri bisa juga menjadi alternatif tanaman untuk taman Anda. Palem jenis ini sangat baik ditanam di daerah tropis seperti di Indonesia. Palem ini juga mempunyai buah seperti buah melinjo dan sering juga disebut dengan Christmas Palm karena buahnya yang bersinar bagai lampu natal. Palem ini cocok ditanam di taman bagian depan dimana sebagai area penerima. Dan tidak menutup kemungkinan diletakkan di taman bagian samping dan belakang. Sebagai tips pilihlah palem putri dengan ketinggian tidak lebih dari 4 meter karena palem ini bagus jika ditanam tidak terlalu tinggi.

5. Bismarckia nobilis

Bismarckia nobilis adalah salah satu keluarga palem dan sering disebut dengan Palem Bismarckia. Palem ini bisa dikatakan sebagai tanaman ornamental, karena bentuknya yang tidak terlalu tinggi dan cabang yang panjang serta daun yang melebar. Lebih cocok diletakkan pada suatu area yang membutuhkan penekanan pada desainnya.

6. Elaeis guineensis

Salah satu jenis palem yang sering disebut dengan African Oil Palm. Palem ini dapat menghasilkan minyak dari buahnya dan sering kita dengar dengan sebutan Kelapa Sawit. Lho Kelapa Sawit kok ditanam ya? Ternyata Kelapa Sawit juga bisa dibuat vegetasi yang bagus untuk mempercantik taman. Bentuknya cabang yang panjang, besar, dan dengan ketinggian mencapai 20 meter bisa dijadikan alternatif vegetasi untuk taman kita. Umurnya juga sangat panjang dan bisa mencapai 20 tahun. Palem ini bisa diletakkan pada area penerima sebagai point of interest (penanda). Namun tidak menutup kemungkinan tanaman ini diletakkan sebagai tanaman ornamen.

7. Livistona rotundifolia

Dengan nama latin Livistona rotundifolia, palem ini sering disebut dengan Palem Sadeng. Bentuknya yang tinggi menjulang seperti pohon Kelapa, namun yang membedakan adalah cabangnya yang unik. Kemudian garis-garis hitam pada batang akibat lepasnya cabang yang sudah tua, memberi perbedaan dari palem lainnya. Palem ini bisa menjadi alternatif penanda area privat antara rumah kita dengan tetangga.


8. Ptychosperma macarthurii

Palem ini sebelumnya bernama Ptychosperma bleeseri. Seperti halnya Chrysalidocarpus lutescens, Ptychosperma macarthurii juga sangat umum ditanam di dalam desain taman. Palem Kuning dan Palem Macarthurii bisa mempunyai cabang lebih dari satu menarik ya.... Palem ini bagus jika ditanam secara bergerombol, walaupun tidak menutup kemungkinan ditanam secara berjajar.

Pembahasan mengenai palem sebenarnya masih banyak. Dari 8 Jenis palem menarik untuk taman kita sambung pada artikel selanjutnya tentang palem yang lainnya. Semoga bahasan palem ini dapat bermanfaat dan bisa menambah khasanah perpaleman kita, mantabs... salam green...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan berkomentar dengan baik,,,


Silahkan tinggalkan jejak anda di komentar postingan, untuk kunjungan balik saya. Terima kasih.... ^_^

Artikel populer